Sabtu, 23 Oktober 2010

Manusia dan keindahan


           Manusia tak luput dari keindahan. Misalnya kita bikin penghijauan atau merawat lingkungan. Pemerintahan memberikan himbauan untuk menanam seribu pohon karena Indonesia udah pemanasan global. Kita harus bergotong royong untuk membangun tanah air kita untuk menghindari dari pemanasan global. Oleh karena itu kita harus menjaga tanah air kita agar tidak hancur karena pemanasan global.

Keindahan juga ada yang berbentuk kesenian yaitu (seni suara, seni rupa maupun seni pertunjukan) yang nantinya bisa manjadi bagian-bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakan bangsa indonesia ini yang mudah-mudahan terlepas dari unsur-unsur yang lain. Dalam hal ini Indonesia sebagai negara yang sangat  berkembang dalam hal kesenian mendapat prestasi tersendiri dimata negara luar seperti Malaysia, jepang, singapur  dan lain-lain.

 Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya group band yang musiknya diterima di musik indonesia sehingga sering mewakili Indonesia untuk ajang musik asia contohnya Malaysia, jepang, singapura dan lain-lain. Hal itu tersebut perlu menjadi perhatian seniman yang benar-benar berkesenian yang sesuai dengan teknologi yang modern. Hal ini perlu diletakkan pada seniman-seniman seperti Ahmad dhani, Ari lasso dan lain-lain karena karya-karyanya yang bagus yang dapat muncul di Negara-negara tetangga dan menjadi  kebanggaan bangsa Indonesia.

Keindahan juga di sebut susunan kualitas atau pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal kulitas yang paling disebut adalah kesatuan (unity) keselarasan (harmony) kesetangkupan (symmetry) keseimbangan (balance) dan pertentangan (contrast).

Nilai Estetik:
Adalah nilai suatu benda yang menyebabkan menarik minat seseorang atausuatu golongan.
Nilai estetik dibagi menjadi 2, yaitu :
1. nilai ekstrinsik : sifat baik suatu benda sebagai alat untuk sesuatu hal lainnya
2. nilai intrinsik : sifat baik dari benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

keindahan juga identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran karena mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran tidak indah.

Keindahan dalarn arti luas dari bangsa Yunani yang dulunya tercantum kebaikan misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagia sesuatu yang menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah pula. Tetapi bangsa Yunani juga mengunakan pengertian keindahan dalam arti yang lain seperti estetis atau 'symmetria'yaitu untuk keindahan. Dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar