Sabtu, 23 Oktober 2010

Manusia dan penderitaan

Manusia tak luput dari penderitaan. Penderitaan termasuk realitas dunia yang terdapat pada manusia. Penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Beratnya adalah tidak ada tempat tinggal yang ringannya adalah tidak dapat makanan. peranan masyarakat juga menentukan berat atau tidaknya penderitaan yang di alami. Suatu perristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang yang belum dapat tentukan penderitaan kepada orang lain.

 Pemerintah tidak dapat melihat penderitaan masyarakat kecil. Pada pula suatu penderitaan manusia adalah ada yang korupsi yang memakan uang Negara yang dapat merugikan kita. Untuk bangkit dari keterpurukan kita harus membangkitkannya sendiri dan berusaha. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat    

Penderitaan sepertinya tidak pernah berhenti menghampiri Indonesia. Berbagai peristiwa menghampiri dan banyak membuat orang harus menderita, menangis karena ditingalkan orang-orang yang di sayangi seperti keluarga, teman-teman dan lain-lain. Penderitaan di Indonesia ada bermacam-macam contohnya kedinginan karena rumahnya terhempas banjir bandang, kepanasan karena tidak memiliki rumah untuk berteduh karena sudah hancur terkena gempa, sehingga penderitaan yang panjang harus dialami di Negara sendiri dan dirasakan kepada masyarakat.

Penderitaan Indonesia ada banyak contohnya:
-Banyak yang kelaparan karena tidak ada uang
-Anak-anak putus sekolah karena tidak ada biaya
-Banyak yang tidak mempunyai tempat tinggal
-Banyak yang pengangguran, dan lain-lain


Sebagian kita ketika mendengar “Penderitaan” mungkin merasa sangat ketakutan, atau mungkin ada yang sedih karena tidak pernah terlepas dari Negara kita. Bagi orang yang ketakutan, jangan sampai penderitaan ini melanjut sampai akhir nanti dan jangan lah takut dan jangan menyerah  apalagi penderitaan itu harus menghampiri kita. Bagi orang yang sedih sama jangan bersedih kita harus tegar menghadapi masalah.  Oleh sebab itu kita harus melakukan dengan berbagai cara agar diri kita tidak menjumpai penderitaan itu lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar